Eid Mubarak 1443 H…

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimush shaalihaat…

~~Eid Mubarak~

Taqabbalallahu Minna wa minkum…

Idul Fitri tahun ini alhamdulillah lebih berasa dan meriah, anak-anak juga lebih ceria, sampai-sampai saat si teteh diajak mulai shaum Syawal dia antusias sekali, “Berarti besoknya lebaran lagi ya Mi?” Hehe…

Dua tahun sudah kami tidak shalat Ied di masjid. Tahun 2020, shalat sekeluarga di rumah Pamulang, tahun 2021 shalat sekeluarga lagi di Seoul.. Kemarin MasyaaAllah diberi nikmat yang luar biasa karena bisa kembali shalat ke masjid, walaupun belum ramai untuk jamaah akhwatnya. Karena khawatir tidak bisa mengkondisikan si kecil yang akhir-akhir ini susah sekali bertemu orang asing, akhirnya kami memecah dua ikut kloter yang tersedia. Suami dan dua gadis ikut di kloter satu, saya sendiri ikut di kloter dua.

MasyaaAllah, masjid di dekat rumah ini baru saja buka beberapa pekan sebelum Ramadhan. Ini adalah nikmat luar biasa, rizki tak terhingga bisa tinggal dekat dengan masjid. Jangan bayangkan masjid yang dimaksud seperti halnya masjid-masjid di Indonesia. Masjid di sini adalah sebuah ruang bawah tanah yang disewa dari uang patungan para muslim yang mayoritas berasal dari negara Asia Selatan seperti Pakistan dan Bangladesh.

Selama Ramadhan kemarin alhamdulillah suami bisa tarawih dan shalat fardlu di sini. Yang uniknya, bagi muslim Asia Selatan yang bermadzhab Hanafi, bukan hal yang lumrah katanya untuk wanita shalat ke masjid, sehingga awalnya di masjid ini sama sekali tidak ada space untuk wanita. Namun saat Idul Fitri kemarin akhirnya pihak masjid memberi space khusus wanita untuk memfasilitasi muslimah yang ingin hadir shalat Ied, terutama untuk teman-teman muslimah Asia Tenggara. MasyaaAllah. Benar saja, muslimah yang hadir shalat kemarin masih sangat sedikit. Yakni 3 orang di kloter pertama, di mana duanya adalah anak-anak yaitu si kakak dan si teteh, dan 4 orang di kloter kedua, saya dan 3 muslimah lain asal Malaysia.

Apa lagi yang berkesan di Ied kemarin? Akhirnya kami bisa piknik ke tempat yang gagal kami kunjungi pada Idul Fitri tahun lalu.. Hehe.. Di mana kah itu? Yak… SEOUL FOREST.. Sebenarnya tempat ini terhitung dekat dari rumah, hanya saja karena harus ada transit saat naik subway makanya jadi agak mager.. Dan MasyaaAllah bagus banget, anak-anak juga senang..

Terakhir, momen Ied tahun ini berdekatan dengan libur nasional di Korea dalam rangka Hari Anak, plus peringatan apa gitu di kampusnya suami.. Alhasil berasa seperti di Indonesia dapat jatah libur banyak bertepatan dengan hari raya.. Hehe.. Puas jalan ke sana ke mari, ketemu dan piknik bareng temen-temen Indonesia juga..MasyaaAllah..

Leave a comment