Posted in Episode Mengajar

Jeruk untuk Matematika

Tahun lalu ketika pertama kali mengajar, saya pikir yang penting anak itu tahu rumus dan bisa mengerjakan soal..Duuh kudet banget ya saya zaman dulu ( sekarang juga masih kayaknya)😦

Tahun ini akhirnya bagaimana pun caranya, dengan minimnya fasilitas, kami harus tetap mengatur strategi agar anak memahami konsep dengan benar, atau setidaknya memperoleh pengikat ingatan dalam jangka panjang ketika harus belajar rumus-rumus matematika..

Lagi-lagi, alhamdulillah hasil “nyontek” ide dari guru-guru yang lebih berpengalaman, saya melakukan kegiatan bersama anak-anak untuk memahami tentang luas permukaan bola.

lp bola

Dan hasilnya adalah….

`WP_20140905_008

WP_20140905_005_1

WP_20140902_008

WP_20140905_007

Ternyata hasilnya tidak seideal teori yang diharapkan, di mana seharusnya lingkaran yang tertutupi kulit jeruk berjumlah empat. Sehingga pada akhirnya mereka bisa menemukan bahwa rumus luar permukaan bola adalah 4x Luas lingkaran…Tapi ternyata anak-anak saya malah ada yang dapat 3 buah lingkaran, 4 1/2  lingkaran bahkan 6 buah lingkaran. Ini dikarenakan bentuk jeruk yang digunakan tidak utuh seperti bola, ada yang agak gepeng, ada yang malah terlalu lonjong.

Matematika itu asyik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s