KAYYISAH (6 Tahun…)

“Ummi..Kayyis 6 tahunnya kapan?” Pertanyaan itu sudah sering ia tanyakan, maklum di kelasnya dia termasuk yang paling cilik badannya..hehe..”Iya Nak,nanti Juli..”.. Maka bulan terus berganti, pertanyaan itu pun terus mengiringi. Hingga saat tahu bahwa ini bulan Juli, dia pun bahagia sekali.

Tapi ternyata pertanyaan tak lantas berhenti, hanya berganti,”Ummi, terus Kayyis 7 tahunnya kapan”. hiksss..Maka ummi nya pun pakai jawaban andalan, “Yis, ga perlu dihitung kapan 7 tahun, 8 tahun, itu mah pasti insyaAllah. Yang paling penting itu kakak shalih…”

Tak ada istilah milad atau ulang tahun bagi Kayyis. Seingat saya hanya satu kali saya membelikannya kue khusus, itu pun saat dia baru umur 1 tahun, hehe, kuenya juga dia nggak ngicip. Setelahnya semuanya berlalu begitu saja. Tanggal lahir sendirinya pun dijamin ga tau. Saat ada teman-teman sekitar rumah yang merayakan ulang tahun, maka kami hanya memberi pengertian, “Nak, Rasulullah juga ga ulang tahun, teman kakak belum tau ga papa. Kasih hadiah aja , kan kakak sayang.” Walaupun urusan kasih hadiah sama yang ulang tahun ini bikin perdebatan panjang emak bapaknya..hehe..

Kayyisah. Anak ummi tersayang. Umurnya baru 6 tahun, tapi ummi sering lupa memposisikan dirimu harus serba sempurna. Maka, seringkali kau hanya bilang, “Baiklah..” “Iya lah..” Lalu ummi mulai berpikir, “Tidak kah kau kenapa-kenapa? Apakah ada luka tersembunyi di dadamu?” Maafkan ummi..

Kayyisah. Anak abi tercinta. Yang ngefans berat sama abinya, jadi saingan ummi yang pertama. Dulu kau akan bilang, “Aku mau nikahnya sama abi..” Tapi sekarang sudah kau ganti, “Iya lah..nanti kakak nikahnya sama ikhwan shalih yang lain aja..” huehue..

Kayyisah. Kakaknya dede Aghniya. Yang kalau jauh dirindukan, kalau dekat main rebutan. Rebutan ini..rebutan itu..Ummi tau kamu bosan rebut-rebutan, tapi sabarmu menghadapi adik memang tak ada tandingan. Baarakallahu fiik.

Kayyisah. Semoga Allah menjaga lembutnya hatimu dalam menerima kebenaran Islam. Hati yang selalu tunduk saat diingatkan tentang Allah, Rasulullah, nikmatnya surga dan ngerinya neraka..

Kayyisah. Semoga Allah menjaga lisanmu hanya untuk berkata yang baik, melafalkan kalamullah, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.. Telingamu hanya untuk mendengar kebaikan. Tangan, kaki, dan semua anggota badanmu semoga senantiasa Allah jaga dalam kebaikan. Karena itu salah satu tanda cinta-Nya.

Kayyisah. Artinya wanita cerdas. Bukan karena IQ jenius, tapi karena selalu ingat amal untuk hari akhir. Seperti sabda Rasul SAW, itulah arti Kayyis (cerdas) sesungguhnya.

Maryam. Banyak laki-laki sempurna ( yaitu para nabi dan rasul), tapi hanya 2 wanita sempurna, salah satunya Maryam binti ‘Imran. Semoga kau bisa meneladaninya.

Alfatih. Semoga bisa mengingatkanmu pada sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik pasukan yang dipimpinnya. Muhammad Al-Fatih. Kau kelak adalah pemimpin dan kau pun adalah jundi.

Kayyisah Maryam Alfatih, kami mencintaimu. Semoga Allah yang Maha Mencintai, juga senantiasa mencintaimu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s