Posted in Celotehan

Ayah..Kau pun Madrasah Putra-Putrimu…

Pagi ini sambil ngawas anak-anak UTS, saya ingin berbagi kisah tentang sosok inspiratif yang saya temui. Sebenarnya saya hampir tidak pernah berinteraksi langsung dengan beliau, saya lebih banyak berinteraksi dengan “produk”didikannya yaitu putri-putri beliau…

Sudah tiga orang putri beliau yang menjadi murid saya..Karakternya macam-macam..Ada yang tegas tidak tendeng aling-aling..Kalau menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, tanpa ba bi bu, langsung to the point..Putrinya yang kedua cenderung lebih kalem dari kakaknya..Sedangkan yang ketiga  agak unik, karena  sangat ceria dan ekspresif..Namun demikian, ketiganya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama cinta Al-Qur’an..Yang pertama dan kedua menjadi penghafal terbanyak di angkatannya masing-masing..Dengar-dengar, si sulung yang sekarang sudah kelas 2 SMA, sudah hampir menyelesaikan 20 juz, dan bercita-cita masuk UGM lewat jalur penghafal Qur’an..

Selama ini yang saya tahu atau baca, keluarga penghafal Qur’an, jika bukan keluarga ustadz mungkin keluarga para aktivis dakwah..Tapi saat ini keluarga-keluarga lain yang barangkali bukan ustadz atau aktivis dakwah pun sudah banyak yang menyadari dan mendambakan keluarganya, putra-putrinya menjadi penghafal Qur’an. Termasuk kelurga murid saya ini…Alhamdulillah..

Beberapa kali saya mendengar cerita tentang ayah bundanya, terutama sosok sang ayah, membuat saya merasa tak heran mengapa beliau bisa memiliki anak yang shalih dan pintar-pintar..Suatu hari  keluarga ini ingin pindah rumah ke tempat yang lebih strategis dan lebih nyaman..Namun, dari cerita yang saya dengar ayah dan bundanya ini sangat berhati-hati mengambil hutang atau kredit..Alhasil untuk menutupi kekurangan, dijual lah mobil mereka dan diganti dengan mobil second yang lebih murah..Salah seorang putrinya sempat “protes”, “Yah, kok mobilnya jadi jelek?”..”Ga apa-apa, yang penting kan masih bisa jalan..”

Cerita kedua saya dapat dari teman saya..Saat itu anak yang kedua sedang berkumpul dengan teman-teman sekelasnya..Jika teman-temannya heboh cerita berbagai tayangan TV dan tokoh-tokoh yang biasa nongol di TV, anak ini cuma bisa bengong..”Emang kamu ga pernah nonton TV?”, salah satu temannya tanya.”Nggak”…”Terus kamu kalau di rumah nonton apa dong?”..”Nonton oleh-oleh video dari ayahku..Jadi tiap pulang kerja ayahku suka bawain downloadan video-video gitu..”..”Emang, video apaan?”..”Video pengajiannnya ustadz Khalid Basalamah, pokoknya ustadz-ustadz gitu…”..Dengar cerita itu saya langsung tercenung…MasyaAllah..Tidak sampai di situ, si anak ini pun bercerita kalau ayahnya masih sempat menyimak hafalan putri-putinya jika putri-putrinya sedang libur dari pondok..Padahal sang ayah harus berangkat jam 5 pagi dan baru sampai rumah jam 8 malam…

Anak-anak Indonesia hari ini katanya sedang haus kehadiran sosok ayah..Tak jarang para peneliti mengatakan bahwa kenakalan remaja saat ini salah satunya dipicu oleh ketiadaan sosok ayahanda..Maka alhamdulillah, murid-murid saya ini menjadi bagian dari anak-anak yang beruntung memiliki sosok ayah..Pun rasanya saya harus bersyukur banyak kepada Allah, telah menghadirkan almarhum ayah dalam kehidupan saya..Lautan ilmu dan pundak untuk berlindung, hingga saya tak sedikit pun kehilangan sosok beliau, hingga saya tak perlu mencari cinta di luaran sana yang tak halal …Saya pun patut bersyukur, karena Allah menghadirkan seorang ayah untuk anak-anak saya dengan sejuta kehangatan dan kesabaran..Lelaki yang tak malu momong dan bermain dengan putrinya, mengajarkan banyak hal, bahkan jauh lebih banyak dari saya..Semoga ia tetap menjadi cinta pertama putri-putri kami, hingga kelak mereka pun takkan tergoda dengan cinta-cinta yang tidak halal di luar sana..Aamiin…

Leave a Reply

