Posted in Celotehan

Berkacalah Wahai Diri

Beberapa tahun yang lalu, saat saya dan suami masih sering buka FB, beberapa kali suami saya terlibat debat kusir dengan seorang Al-Akh. Satu sisi kami mengagumi prinsip tauhidnya yang sangat kokoh, namun di sisi lain kami sering “ dibuat jengkel” karena ia terlalu ringan mengkafirkan sesama muslim (semoga Allah mengampuni kami)..

Sampai suatu hari al-akh ini memberikan komentar negatif terhadap Syaikh Al-Buthi yang baru saja meninggat saat itu. Karena jengkel, akhirnya suami saya melontarkan komentar, “Daripada antum cuma bisa caci maki lebih baik berangkat saja langsung ke Suriah”..Kurang lebih seperti itu, dan seingat saya itu adalah debat kusir terakhir mereka, karena setelah itu saya memblok al-akh tsb dari pertemanan FB suami saya..Bete lama-lama liat debat yang ga ada habisnya…

Tapi hari ini saya dibuat benar-benar kaget. Al-akh tersebut telah menghadap Allah ta’ala. Beliau ternyata benar-benar berangkat ke Suriah dan meninggal di sana. Ada perasaan malu sebenarnya. Walau kami tidak tahu beliau di Suriah bergabung dengan siapa (semoga bukan dengan ISIS), tapi setidaknya ia benar-benar konsekuen dengan apa yang ia sering sampaikan dan perjuangkan, dan sangat mungkin beliau telah mendapat gelar syahid di sisi Allah..Sedang kami? Kami sendiri hanya terus bergulat dengan hal yang remeh temeh..

Kejadian hari ini pun mengingatkan saya akan satu hal..Seringkali saya mengeluhkan si A atau si B. Kenapa sih mereka begini dan begitu. Kekurangan yang ada seolah menjadi cacat penutup kebaikan-kebaikan mereka. Ada kalanya pula kita melihat aib-aib masa lalu orang lain kemudian mengungkit-ngungkitnya saat ini. Padahal barangkali sudah sejak jauh hari mereka bertaubat, sedang kita masih terus sibuk mengorek-ngorek kesalahan mereka..Saat kita sibuk menggunjing, saat kita tidak move on dari kesalahan orang lain di masa lalu, barangkali malahan mereka sudah jauh mendahului kita menginjakkan kaki di surga karena amal-amal dan taubatnya..

Wallahu a’lam

Leave a Reply

