Posted in Episode Mengajar

Virus Bernama Merah Jambu

Saya sedang galau (huffft bahasa apa itu)..galau menghadapi gejolak emosi anak-anak pada lawan jenisnya…Mereka tahu bahwa pacaran itu tak boleh, maka munculah istilah baru adek kakak ketemu gede…Entah saya harus mulai lagi dari mana..Berapa banyak buku di perpustakaan yang temanya adalah, “Udah putusin aja”..’Udah nikahin aja”, dll yang setidaknya secara pengetahuan mereka sadar akan kewajiban menjaga interaksi dengan lawan jenis..Entah berapa balikan saat mentoring para mentornya memberi tausiah tentang keharusan menjaga izzah dan iffah bagi muslimah..

Entah harus dari mana lagi saya berkata pada mereka..Anak-anak yang saya harap menjadi para penegak panji Allah dan para penjaga Kitabullah, mereka sedang terserang virus merah jambu..Seperti dalam ilmu kedokteran, virus bukan diobati dengan obat apalagi antibiotik..Virus akan dilawan dengan sendirinya oleh ketahanan tubuh. Saat virus menyerang , cara paling efektif adalah dengan makan makanan bergizi, istirahat cukup, dan minum vitamin..Maka apakah yang bisa menjadi ketahanan qolbu bagi anak-anak itu?

Saya tentu pernah muda..Saya juga pernah merasakan perasaan-perasaan semacam itu..Hal itu adalah fitrah, tapi seperti yang sering diingatkan murobbiyah saya, perasaan-perasaan semacam itu tak perlu diumbar-umbar apalagi diwujudkan dalam bentuk perbuatan..Cukup disimpan rapat-rapat dalam hati, walau terkadang saya gatel juga ingin menuliskannya dalam diary..

Akhirnya rumus ini pula yang sering saya sampaikan pada anak-anak..Keep in your heart, hingga semua akan bermuara pada masanya. Seperti kisah cinta pasangan mulia Fatimah dan Ali, keduanya memendam rasa dalam takwa hingga Allah pula yang mempersatukan keduanya..

Tapi nyatanya tak semudah itu..Dalam keadaan sadar mereka akan tau diri bahwa mereka sedang bermaksiat jika tidak menjaga hati dan pandangan. Tapi saat syaitan membuai, terasa indah semua itu padahal menyesatkan..

Akhirnya saya sampaikan pada mereka, “Ayo kita berlomba dengan diri masing-masing..Kita akan berlomba dengan diri untuk melawan nafsu..Mohon pertolongan kepada Allah agar dikuatkan langkah dan hati, diteguhkan dalam jalan yang lurus..’Apa-apa yang membuat jiwamu bimbang dan apa-apa yang kamu tidak suka jika diketahui orang lain, maka itulah dosa’ (HR.Muslim)”

One thought on “Virus Bernama Merah Jambu

Leave a Reply

