Posted in Episode Mengajar

Pahlawan (Tanpa) Tanda Jasa

Hari ini, 10 Nopember, diperingati sebagai hari Pahlawan..Selain mengenang heroisme arek-arek Suroboyo dan bung Tomo, bisanya hari ini juga disangkutpautkan dengan sosok-sosok pahlawan tanpa tanda jasa, yaitu para bapak dan ibu guru…

Tadi pagi saya liat tayangan berita di sebuah TV, bagaimana para guru, terutama guru-guru honorer masih saja ada yang mendapatkan penghargaan tak layak menurut saya..Guru Al-Qur’an di sebuah MI misalnya, hanya dibayar Rp 150.000 sebulan..Atau lagi kisah seorang guru  yang sudah mengajar 22 tahun, tapi honornya hanya Rp 300.000..Terlepas dari prinsip bahwa pintu rizki itu tidak hanya satu, tapi bagi saya kondisi itu sangat memprihatinkan..Beginikah kita mengahragai para pahlawan itu?..Istilah pahlawan tanpa tanda jasa seolah menjadi pembenaran bahwa para guru harus ikhlas walau dibayar minim atau bahkan mungkin gratisan..Luar biasanya seorang bapak guru yang tadi diwanwancarai mengatakan, “Ya saya jalani saja..Sesuai agama yang saya yakini, saya yakin kerja keras akan selalu dibalas Tuhan dengan setimpal..”..

Mengajar dengan cinta..

Hari ini sekolah tempat saya mengajar pun memperingati hari pahlawan dengan memberikan penghargaan kepada “Guru-guru inspiratif”, walaupun mungkin lebih tepatnya adalah guru-guru yang difavoritkan anak-anak..Saya bingung mau mengucap hamdallah atau innalillah, karena ternyata anak-anak memilih saya menjadi salah satu guru yang mereka bilang inspiratif…Bangga? Tidak sama sekali. Yang ada perasaan malu luar biasa campur haru..Apalah saya kalau melihat dedikasi ustadzah-ustadzah lain yang super total 24 jam menjaga dan mendidik mereka..Seolah ditimpa batu besar lalu dikatakan, “Hayo loh kamu harus jadi inspirasi..Harus jadi teladan”..

Omong-omong soal teladan, beberapa hari lalu saya mendengar cerita seorang kawan yang dicurhati siswa-siswanya..Anak-anak itu ada yang cerita, “Kok ustadzah ini begini sih, padahal kita aja dinasehati tiap hari..” “Kok ustadz ini begitu sih, padahal kita aja disuruh ini dan itu..” Subhanallah saya kaget sebenanrnya mendengar cerita itu..Hal-hal sepele yang saya pun kadang tak sengaja melakukannya ternyata bisa  masuk dalam radar perhatian mereka..Maka benarlah bahwa GURU itu digugu dan ditiru…

Seperti tausiah abinya Kayyis beberapa malam lalu..Dalam dunia pendidikan ada dua elemen yang sebenarnya menjadi kunci..Yaitu murid dan guru..Dan jika dua elemen ini baik, maka bertebaranlah pahala itu sesungguhnya..Bagi seorang murid menuntut ilmu adalah ibadah, dan sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat,”’Ilman naafi’an”, dan ilmu yang barokah..Bukan ilmu yang banyak, bukan nilai yang bagus, tapi ilmu yang bermanfaat dan mendekatkan kepada Allah..Akan tetapi, barokah ilmu bisa berkurang atau hilang sama sekali bila murid tidak menghargai sang “perantara” pemberi ilmu..Apapun kondisi guru, maka murid harus tetap memuliakannya,  dan apabila ingin mengingatkan  pun tetap ada adab yang harus dipenuhi..

Adapun bagi seorang guru, tak tanggung-tanggung, pahalanya adalah pahala amal jariah yang akan terus mengalir walaupun sudah meninggal..Namun amal jariah ini bisa berkurang atau hilang sama sekali ketika seorang guru hanya pandai mengajarkan ilmu tapi dirinya sendiri tidak mengamalkannya…Untuk yang satu ini, makjleb banget buat saya. Teringat sering nasihati anak ini dan itu tapi ternyata saya pun lalai melaksanakannya…

Maka hari ini saya berdoa, semoga setiap langkah saya masuk ke kelas, mengajar anak-anak, Allah limpahkan kepada anak-anak ilmu yang bermanfaat dan barokah, serta Allah limpahkan untuk saya pahala amal jariah yang tak terputus..Aamiin..

Apakah yang kamu cari sebagai guru? Lillah..Fillah..Jannah..

Leave a Reply

