Posted in Episode Mengajar

Matematika, UN, dan Murid Saya..

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba..Hari pengumuman hasil UN anak-anak..
Alhamdulillah ‘alaa kulli haal..Atas rahmat Allah dan segala pertolongannya anak-anak akhirnya lulus..Saat saya liat nilai mereka satu-satu, ada perasaan bahagia campur haru..Walau nilai mereka tidak wah, tak berkilauan dengan barisan angka sembilan, tapi itulah hasil jerih payah mereka yang harus disyukuri…Setidaknya mendapat rata-rata terbaik ke-5 se-kabupaten adalah prestasi tersendiri bagi mereka..🙂

WP_20140613_003

Sesuai perkiraan, hasilnya pun tak jauh dari hasil try out biasanya..Beberapa orang berhasil dengan nilai mendekati sempurna, dan yang lain harus puas dengan nilai yang cukup..Nilai matematika sendiri pun sebenarnya masih kalah dibanding mapel lain..Tapi melihat 4 anak yang mendapat nilai di atas 9 cukup membuat saya sangat bahagia..Keempat anak itu pun punya kisah sendiri-sendiri bagi saya..

ARDANSYAH DWIKI RIZALDI, anak yang seolah terlahir dengan otak matematika..Pertama kali bertemu dengannya saya langsung disuguhi nilai yang selalu sempurna..Dan ternyata dia memang langganan juara olimpiade di kabupaten..Mengajarinya terkadang bikin saya keder sendiri..hehe..Sampai akhirnya di hari-hari mendekati UN, dia jadi rajin bertanya sama saya. Dalam hati saya berkata, ”Akhirnya saya merasa dibutuhkan oleh seorang Adhan..”hehe..Alhamdulillah Adhan mendapat peringakt ke-5 Danem tertinggi di kabupaten Tuban, padahal biasanya kalau tryout se-kabupaten dia selalu jadi yang pertama. Walau begitu kami tak kecewa, bagi kami dia tetap yang pertama..hehe..so sweet kan?🙂

REYHAN MUNSHIF ..Anak yang imut dan super pendiam..Tak jarang ia menjadi bahan setengah bullying teman-teman di kelasnya..Pertama kali ulangan, nilainya bagus tapi saya setengah tak percaya, karena biasanya ketika saya suruh ke depan dia hanya akan diam tertegun dan kadang kebingungan mengerjakan soal..Ternyata diamnya adalah emas..Olok-olok dan ejekan tidak membuatnya down dan mundur tapi membuatnya semakin melompat tinggi..

ZIDNY SHIDQON dan ROSALINA AMBAR..Dua anak inilah yang menurut saya anak-anak pintar yang bermanfaat ilmunya..Bagaimana tidak..Di kelas masing-masing merekalah yang mau dengan senang hati membantu mengajari teman-temannya di kelas. Tak takut tersaingi, tapi semakin bertambah ilmu. Yang satu terkadang menerangkan sambil nyorat-nyoret lantai, yang satu menerangkan pakai papan tak terpakai..Kepintaran keduanya tergolong yang biasa, tapi semoga barokahnya luar biasa, karena amal-amal mereka dalam berbagi ilmu, dalam membantu..Aamiin

Satu orang lagi yang ingin saya ceritakan..Namanya YUSRIL RIFQI..Walau nilainya tak sewah keempat kawannya tadi, tapi bagi saya ini sudah luar biasa..Pertama bertemu dengannya, ngga banget lah..Anaknya kadang seenaknya sendiri kalau tidak mau dibilang bandel..Tapi seiring waktu, dia terus berubah menjadi baik..Istilah ustadz ustdzahnya dia taubat di saat yang tepat, hehe..Dia mulai menunjukkan antusias belajar di kelas saya sebenarnya sejak bulan-bulan pertama..Sampai ketika UAS semeter ganjil dia salah satu anak yang mendapat nilai di atas 80..Lalu dia pun bilang pada saya, “Us, seumur-umur baru sekarang saya dapat nilai 80 matematika..” Saya pun hanya tersenyum mendengarnya…Dia pun menjadi anak yang mungkin tanpa dia sadari telah menyemangati saya dengan kata-katanya, “Us, saya lebih suka kalau ustadzah yang nerangin , lebih ngerti cara ustdzah..” Padahal saat itu anak-anak lain sedang terpesona dengan cara-cara cepat sebuah bimbel, dan saya patah hati…hehe..Dan sekarang orangtuanya pasti sedang sangat bahagia dan bangga..

Sebenarnya murid saya masih banyak dan mereka semua adalah kebanggan saya.. Punya ciri khas sendiri-sendiri, insprirasi sendiri-sendiri..Tapi perkenankanlah cerita ini sebagai apresiasi terhadap mereka yang berprestasi lebih tinggi..

Baarakallahu lahum🙂

One thought on “Matematika, UN, dan Murid Saya..

Leave a Reply

