Posted in Episode Mengajar

Cerita Mengajar 4 # Semangat…

Berulang kali saya katakan bahwa menjadi guru itu sangat mengagumkan..Saya yang sama sekali nol besar seperti diberi kesempatan untuk belajar gratisan bahkan dibayar..Tapi seperti halnya berbagai amal, ada kalanya semangat ada kalanya ingin mundur ke belakang..

Ketika semangat surut atau ujian datang, ada kalanya saya berpikir untuk berhenti..Itu pula yang saya rasakan dua minggu belakangan..Entah kenapa mengajar rasanya tak ada feelnya..Berinteraksi juga berasa hampa..Pulang ke rumah malah bawa mood yang jelek..

Sampai akhirnya suatu saat saya intip lembar sosiometri anak-anak..Satu kelas muslimah lebih banyak mengatakan bahwa saya guru yang disiplin dan selalu on time..Saya hanya tersenyum membacanya..Tapi yang membuat saya kaget ketika saya baca lembar demi lembar sosiometri anak-anak kelas muslim..Sebuah kelas yang ketika saya mau melangkahkan kaki untuk mengajar mereka, saya memerlukan semangat lebih, doa lebih, bahkan tak jarang saya mengunderestimate mereka dengan membuat strigma negatif, ga nurut, berisik, dsb..Ketika saya baca, hampir seluruh dari mereka mengatakan bahwa saya termasuk ustadzah yang mereka sukai cara penyampaian materinya..Ada yang komentar, “ngerti poool”, “jelas, sabar,ramah” , bahkan ada yang bilang saya cantik dan manis, hehe..yang terakhir abaikan…Haru , tentu saja..Tapi semoga tidak menjadi sumber untuk berbangga diri melainkan untuk memotivasi saya lebih dan lebih..

Anak-anak itu memiliki potensi seluas samudra..Saya tak akan memaksa mereka menjadi ahli matematika atau juara olimpiade matematika..Saya juga tak perlu memaksa mereka semua suka Matematika..Mereka hanya perlu membuka hati, bahwa matematika bukan pelajaran menakutkan dan menyebalkan..Matematika pun adalah ilmu dari Allah yang juga perlu dipelajari..

=====

Ingat nasihat Ustadz Bachtiar Nasir..Sesungguhnya bekerja itu pasti cape..Maka bekerjalah yang bisa mendekatkan kita kepada pintu surga..Yuuk SEMANGAT !!🙂

Tuban, 30 Mei 2014
Special for my inspiring students

Thanks a lot

Leave a Reply

