Posted in Episode Mengajar

Cerita Mengajar 1 # Suami Bu Guru yang Keren…

Saat ini umminya Kayyis sedang punya aktivitas baru..*horaaay* sebagai ibu guru..he..walaupun hanya sementara, tapi aktivitas ini membuat hidup saya menjadi sangat berwarna..

Ceritanya sekitar bulan Maret yang lalu si saya iseng masukkin aplikasi untuk ngajar di SMPIT deket rumah. Selain karena ingin punya aktivitas tambahan, juga mulai berfikir untuk bisa mandiri, dan beberapa alasan lain..Sampailah akhirnya dipanggil tes tulis dan wawancara. Rasanya waktu itu saya adalah peserta tes teraneh, secara ngerjain tes sambil gendong anak yang lagi demam..Alhasil, entahlah tuh isinya kayak apaan, yang pasti ada beberapa soal yang tidak dijawab. Bukan karena repot gendong, tapi karena beneran ga tau, secara pertanyaannya menyangkut teknik pembelajaran, pengenalan siswa, dll..heuheu..mana awak ngerti..

Nah, pas wawancara lebih aneh lagi..Saya kira yang ngewawancara bakalan ustadz-ustadz yang sudah berusia, eh taunya masih sepantaran, alhasil wawancara berasa ngobrol sama temen. Dengan songongnya saya bilang, “Wah ustadz, saya kan ibu rumah tangga nih, masih punya anak kecil, saya juga pengen ngajar bukan karena pengen kerja-kerja banget, saya cuma ingin mengamalkan ilmu, jadi saya ga mau jadi guru yang full time”..Hehe,,kurang songong apaa coba..

Daaan..akhirnya, si ummi ga diterima..Sempet ada perasaan kecewa,” Duh, ijazah ITB saya yg cumilaut itu ga laku ternyata”, secara itu pertama kalinya saya ngelamar kerja..Tapi abinya Kayyis bilang, “Ya iyalah mana ada yang mau nerima orang yang ga niat kayak ummi..Masa wawancara ngomongnya gitu”.. -_-..Waktu pun berlalu, saya pun mulai lupa dengan kejadian itu. Sampai akhirnya pihak sekolh tadi baru-baru ini menghubungi lagi dan minta saya untuk mengajar Matematika, karena guru yang seharusnya ngajar cuti melahirkan..

Petulangan pun dimulai..Saya akhirnya diberi Allah kesempatan untuk jadi bu guru selama sebulan..Guru-guru lain menyebut saya free lancer,,secara yang lain full day jam 7- 16, saya malah seenak hati datang dan pulang,,heuheu..Hari pertama, saya sempat deg-degan, secara beberapa tahun lalu saya sempat ngajar di smpit terkenal di Bandung namun beberapa kali ngajar saya langsung mundur, karena kewalahan ga ngerti cara ngadepin anak-anak yang super duper heboh..Plusss,saya yang bukan lulusan kependidikan, cuma bisa mengandalkan insting mengajar tanpa tahu teori pembelajaran seperti apa..

Walaupun saya cuma guru sementara, saya ga mau ngajar asal-asalan. Asal beres, asal tersampaikan, dan asal-asal lainnya. Awal-awal ikut breafing guru-guru saya ga mudeng dengan istilah RPP, SKL, dll..Opooo iku? Tapi mengandalkan mbah google plus satu buku ajaibnya pak Munif Chatib “Gurunya Manusia”, saya mulai belajar banyak bagaimana menjadi seorang pendidik..Saya buat RPP, saya buat Lesson Plan setiap kali ngajar, saya cari-cari ice breaking yang menarik, dsb..Alhamdulillah respon anak-anak pun menggembirakan..🙂

Anak-anak dan beberapa guru bilang kalau cara mengajar saya enak, bagus, dsb,,tapi mereka tidak tahu siapa dibalik itu..Jreng..jreng..Dialah suami saya..KHABIB KHUMAINI..Dia rela antar jemput,plus menjaga Kayyis di rumah saat umminya Kayyis ngajar..ga keren gimana coba..Tiap pulang, saya akan curhat habis-habisan, tadi di kelas gini lah, anak-anak gitulah, dan dia setia mendengarkan..Suami saya adalah mentor saya..Dia yang mengajari saya cara mengajar…Dia yang membelikan buku “Gurunya Manusia”..Dia yang menjelaskan apa itu Matematika dan kenapa anak harus belajar Matematika..Dia yang ngajarin teka-teki lucu yang tetap ilmiah untuk ice breaking anak-anak..Dia yang ngajari menjawab soal kalau saya ga bisa, bahkan dia pulalah yang mebuatkan model-model untuk perga..daaan yang tak kalah heboh, suami saya membelikan sepeda pancal untuk saya mengajar, secara diajarin motor masih ga bisa juga,,tapi apa daya sepeda pun ternyata masih harus belajar..😦

Begitulah..Dalam waktu yang singkat ini, saya berharap keberadaan saya di tengah anak-anak itu bisa memberikan manfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s