Posted in Celotehan

Alhamdulillah, Lolos dari Penipu..

Edisi OOT banget tapi teteeep penting…

Ceritanya seharian ini abinya Kayyis menerima seorang tamu calon konsumennya. Katanya sih dari Batam, dan butuh pakan udang buat diekspor..Kalo biasanya konsumen atau agen akan bertanya dulu tentang spek produk, kualitas dan kegunaannya, si tamu ini mah rada aneh, karena belum apa-apa yang dibicarainnya malah tentang cara pembayaran, yang katanya disebut LC.

Alhasil malam sebelum ketemuan sama si tamu, abinya Kayyis tanya-tanya dulu deh apa itu LC ke Mbah Google. Ternyata LC atau letter of Credit itu intinya merupakan sistem pembayaran yang difasilitasi oleh Bank, dengan cara si pembeli akan menyimpan uangnya di Bank atas nama pihak penjual, dan baru bisa dicairkan penjual bila menunjukkan bukti pengiriman dsb. Biasanya cara ini digunakan dalam sistem ekspor impor.

Nah, akhirnya tadi siang si abi ketemu juga sama orangnya, yang mengaku seorang warga Arab Saudi yang sudah tinggal di Batam selama 9 tahun, punya istri 3 di Arab, Batam, dan Singapura (naooon deuuih??). Dalam pertemuan langsung pun si bapak ini tetap saja membahas tentang LC yang kata dia sih Letter of Garansi, jadi pembayaran yang dijamin garansinya sama Bank. Di sini, si abi mulai mengernyitkan kening. Bukannya LC itu letter of credit yah???haha..ya sudah, mungkin salah ucap ni si bapak..(husnudzonnya si abi)

Nah, sebelum berlanjut ngobrolnya, si bapak minta dianter ke penginapan, katanya sih pengen ke model guest house gitu karena dia bosen nginep di hotel yang bertingkat-tingkat, lagian rumahnya juga bertingkat gitu cenah (bilang aja mau yang murah yaaah…hehe.)..Diantarlah si bapak ke guesthouse yang terhitung paling murah di Tuban. Di sini si bapak nunjukkin pasportnya ke mba resepsionis, kan dia WNA ceritanya..(Tapi kok pasportnya pasport Indonesia???)

Kembali ke pembahasan bisnis. Berapa coba pakan udang yang mau dia pesan??? 135 ribu ton pakan dalam satu tahun setengah. Di sini lagi-lagi si abi mengernyitkan kening, padahal kebutuhan pakan Indonesia dalam setahun aja 500 ribu ton, dan pabrik besar pun belum tentu bisa menyanggupi order sebanyak itu..Katanya sih bapak ini mesen buat tambak udangnya di arab yang katanya ribuan hektar..Nah loh di sebelah mana ada tambak udang di Arab, ngairinnya pake bensin apa yah??Hehe..ya mungkin saja memang ada di daerah suburnya (husnudzonnya si abi lagi) . Dan tahukah berapa total harga pakan dengan jumlah sedemikian banyak? 1 Trilyun rupiah sodara-sodara (sekaya CT kah si bapak ini???). Di sini si abi mulai deh tanya ke bapaknya, “Emang Bapak ada uang sebanyak itu?” Si bapak mulai kaget. Akhirnya mulai deh dia nurunin order jadi 20 ribu ton, dan akhirnya cuma 200 ton, yang tetap saja jumlahnya masih spektakuler yaitu sebesar 25 milyar. Di sini mulai lagi deh dia ngomongin soal LC. Tapi si abi tetap saja minta DP, karena bagaimanapun untuk memproduksi pakan sebanyak itu tetep butuh modal, lagian sebagai pengikat juga ceritanya mah.

Akhirnya si Abi nawarin buat ke Bank besok harinya, untuk tanya-tanya ada ga Bank yang bisa nyediain LC tapi ada Down Paymentnya (DP). Sebenarnya mau gimana juga si abi udah tau kalo ga ada LC pake DP. Nah, di sini si bapak mulai pakai jurusnya. Dia bilang sebenarnya dia ada uang 11 M, tapi kan ga mungkin dia transfer gitu aja soalnya dia kan WNA dan bayarnya juga pake dollar. Dia akhirnya nawarin buat datang ke Kedubes Arab Saudi di Jakarta buat ngurus pembayarannya, tapiii katanya kedubes akan minta uang jaminan sebesar 700 juta yang dia sebut uang kenakalan suplier. Jadi, kalo si abi mengingkari perjanjian, uang itu akan diserahkan ke polisi untuk memburu. (ciyuuus, ada gitu pak polisi???).

Digituin, si abi makin aja curiga,,nanaonan ieu?? Akhirnya, si abi dkk bersepakat untuk mengajak bapak ini ke Bank saja besoknya untuk tanya LC berDP itu, kalo ternyata beneran ga ada, ya sudah transaksi takkan dilanjutkan. Ngapain coba harus nyediain uang 700 juta bari teu puguh. Digituin, si bapak sedikit kesal, dia bilang, “Saya ini kalo sama yang lain ngobrol 3 jam aja udah bisa deal tuh proyek 500 milyar”( so???)

Setelah itu akhirnya si abi dkk pulang meninggalkan si bapak di penginapan. Satu jam kemudian si abi berinisiatif balik lagi nyamperin tuh bapak , dan tahukah apa yang terjadi?? Kata resepsionisnya si bapak itu baru saja checkout (buru-buru amat pak…) Si abi pun coba minta data tuh bapak ke resepsionis. Dan hasilnya sungguh menggelikan. Si bapak yang ngakunya orang Arab itu, taunya lahir di Nunukan (emang di Arab sejak kapan ada kota Nunukan yak???), yang kalo ga salah merupakan nama salah satu kabupaten di Kalimantan Timur. Bapak ini bernama Sulaeman H***man, yang ternyata ketika dicari lewat mbah Google, muncullah sebuah berita pada tahun 2011, di mana dikabarkan seorang pengusaha ikan di indramayu tertipu oleh orang bernama Sulaeman Haneman sebesar 300 juta. Dan modusnya percis sama seperti yang hampir dialami si abi, sok-sok ngajak ke kedubes si jakarta sambil bawa uang jaminan yang akhirna dia curi di tengah jalan.

Kayaknya ni bapak belum pernah ketangkep yah, soalnya masih bebas berkeliaran dan mencari mangsa. Tapi, maaf ya pak, suami saya mah walaupun pendiem, tapi tiap bapak ngomong tangannya tetep aja mencetin hape nanya mbah google…hehehe..

Alhamdulillah, atas segala pertolongan Allah. Semoga bisa jadi pelajaran untuk semua orang agar lebih berhati-hati, terutama buat abinya Kayyis.

3 thoughts on “Alhamdulillah, Lolos dari Penipu..

  1. saya juga beruntung, mengucap syukur alhamdulillah kepada Allah swt karena suami saya tidak jadi tertipu oleh pak sulaeman. baru kemaren dia datang ke tempat kami minta dikirimi salak (daerah kami penghasil salak) 9 ton tiap bulan ke singapura. ceritanya SAMA PERSIS mulai dari 3 istri, letter of kredit (lc) lalu traveller cheque (tc) senilai 2m yang harus dicairkan di kedubes arab saudi di jakarta dg membawa uang jaminan kenakalan sebesar 100jt. fantastis!
    semoga jangan ada yang tertipu lagi oleh pak sulaeman ini..
    terima kasih atas postingannya.

  2. Telat bacanya,,keluarga sy sdh ditipu ma itu org yg b’nama sulaiman haneman…uang keluarga saya hbs diambil sm penipu sulaiman haneman itu..kenapa aparat cm diam, knp penipu kyk itu tdk diadili???smg sulaiman haneman itu k’tangkap biar gag ad korban lagi…

  3. Terimakasih berkat web bapak, sy tdk tertipu jg. Sy jg hampir ditipu oleh sulaiman haniman, alhamdulillah Allah SWT menggerakan hati saya untuk membuka google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s