Posted in Kayyisah

KAYYISAH (22 Bulan…)

Saatnya menulis kembali tentang si geulis anu shalihah tea anaknya ummi..

Hari ini kayyis tepat 22 bulan, alhamdulillah, tapi banyak sekali target yang keteteran.heu…

Pertama, soal sikat gigi. Sebagai pengalaman, nampaknya tak boleh lagi menggunakan aksi pemaksaan saat sikat gigi ini. Beberapa saat yang lalu ummi sama abi suka maksa menyikat gigi kayyis, bahkan kayyis sampe meronta-ronta dan harus dipegangin. Alhasil, sekarang kayyis malah tambah ogah-ogahan liat sikat gigi. Ummi sempet bawa kayyis ke dokter gigi untuk konsultasi, berhubung gigi atasnya mulai kuning-kuning. Kata dokter, terus aja diajak bareng-bareng sikat gigi, contohkan, ajarkan bahwa menyikat gigi itu menyenangkan, daaan jangan kenalkan anak pada makanan yang manis-manis, apalagi kalo sikat giginya masih susah. Kalo mau ngemil, kasih aja buah. Gitu..

Kedua, tolitet training..Memang yah smua bergantung pada si ummi juga. Karena satu dan lain hal, si ummi belum fokus melatih kayyis untuk toilet training..Si ummi juga masih bingung-bingung membaca kondisi apakah kayyis sudah siap atau nggak..

Ketiga, tentang menyapih. Yang ini sudah dalam waspada tingkat lanjut, berhubung tinggal dua bulan lagi, tapi kayyis masih aja kenceng miminya..Si ummi juga ga mau memakai cara orang tua dulu, seperti kasih yang pait-pait ke miminya, atau langsung memberhentikan secara dadakan, khawatir ada dampak buruk untuk kayyis. Jadi,,si ummi harus istiqomah menjalankan program menyapih ini secara perlahan-lahan mulai dari sekarang. Sebenarnya tiap dia mimi, ummi sudah mulai sounding sama kayyis kalo dia teh udah gede, ummi suka nyanyi..”Bye bye nenen,,Bye bye nenen, Kayyis udah gede, ga mau nenen..”(pake lagu nina bobo)..Eh, tapi kalo dinyanyiin itu dia marah-marah,,hehe,,berarti sebenarnya dia udah ngerti dong apa yang ummi bilang..

Kayyis sekarang udah bisa dibonceng naik motor di depan,punya helm sendiri, jadi ummi ga perlu gembol-gembol lagi..Terus yang lucu adalah dia udah bisa ngucapin salam pas masuk rumah atau kamar, sambil ketuk pintu tiga kali,”tuk..tuk..tuk..” terus bilang..”Kuuum”..Dia juga sudah bisa naruh sepatu dan kerudung di tempat yang sudah disediakan..Kalo berdoa, dia akan mengangkat tangannya, dan diakhiri dengan bilang,”Aamiin..”

AKSI kayyis

Nah, karena banyaknya teteh-teteh yang sedang hamil lagi plus suka dikompor-komporin sama ibu RT, si ummi jadi kabita pengen hamil lagi..Tapiii ditahan dulu ah. Nah, karena pembiasaan yang salah, sekarang Kayyis manggil dua boneka kesayangannya dengan sebutan, “Ade..Ade..”heuheu..

Kayyis Ranger..:)
Kayyis Ranger..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s