Posted in Parenting

Pribadi Ibu (Bag.3)

Pribadi Androgynous

Tahukah Anda, ternyata tidak selamanya seorang ibu sebagai perempuan harus memelihara karakter feminin? Karena ternyata, perempuan pun tetap memerlukan karakter maskulin..Kedua karakter ini harus dimiliki baik oleh perempuan maupun laki-laki, tentu dengan porsinya masing-masing. Untuk perempuan, tentu karakter feminin adalah yang dominan, sedangkan untuk lai-laki karakter maskulin lah yang harus dominan. Pribadi yang mempunyai karakter seperti ini disebut pribadi Androgynous.

Sifat-sifat seperti tenang, diam,sabar, mengalah, mewngabdi, telate dan konsentrasi adalah beberapa kelompok karakter feminin. Karakter ini membuat wanita cocok untuk menjalankan tugas seperti merawatdan mendidik anak, menangani urusan domestik rumah tangga, dan melayani suami.

Adapun sifat- sifat yang meruapakan kelompok karakter maskulin anmatara lain kuat,berani mengambil resiko, suka tantangan,  berpandangan jauh ke depan, memiliki visi yang kuat, dan keras. Sifat-sifat ini sangat cocok dimiliki oleh laki-laki yang memang berperan sebagai pemimpin.

Namun demikian, seorang ibu tidak cukup dengan memiliki karakter feminin saja. Karena jika dominasi feminin ini terlalu besar, akan membuat si ibu terlalu sensitif,mudah stress, benar-benar pasif , tak punya inisiatif untuk mengisi waktu dengan hal-hal positif. Ibu akan cenderung suka menyia-nyiakan waktu untuk bersantai, ngobrol-ngobrol, atau bahkan bergosip.

Pribadi ibu yang ideal adalah yang didominasi karakter femini namun tetap memiliki karakter maskulin yang cukup. Inilah pribadi Androgynous, yaitu pribadi yang seimbang. Pribadi yang lembut dan sabar, namun tetap memiliki jiwa juang untuk terus belajar, berubah dan maju…

SEMANGAT PARA IBU !!!!

-dikutip dari buku ” Bunda Manajer Keluarga” karya Irawati Istadi, dengan sedikit perubahan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s