Posted in Parenting

Pribadi Ibu (Bag.2)

Kecerdasan Emosi

Selain kecerdasan spiritual, seorang ibu pun harus memiliki kecerdasan lainnya yaitu kecerdasan emosi. Dalam keluarga, adakalanya berbagai konflik muncul yang sedikit banyak bersumber dari emosi. Maka, ketika seorang ibu memiliki kemampuan mengelola emosi yang baik, akan ada banyak persoalan yang bisa terselesaikan.

Beberapa aspek kecerdasan emosi yang penting dimiliki ibu diantaranya adalah kemampuan menahan marah, juga ketangguhan hati  untuk melawan kesedihan dan kegagalan.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan

(QS. Ali Imran:133-134).

Dari Abu Hurairah RA, bahwa seseorang berkata kepada Nabi Saw : berwasiatlah kepadaku. Beliau bersabda : “jangan menjadi seorang pemarah”. Kemudian diulang-ulang beberapa kali. Dan beliau bersabda : “janganlah menjadi orang pemarah

(HR. Bukhari)

Seorang ibu yang cerdas secara emosi juga akan memiliki kepandaian berkomunikasi sehingga orang lain akan merasa nyaman berbincang dengannya. Ibu bisa mendengar pendapat orang lain dan ketika harus menegur suatu kesalahan pun akan dilakukan dengan cara yang bijak tanpa emosi yang meledak-ledak. Sifat-sifat ini tidak hanya penting untuk internal keluarga namun juga penting dalam kehidupan bermasyarakat, hingga bukan hal mustahil si ibu akan menjadi panutan di masyarakat.

Intinya, bagaimanapun ibu adalah tiang keluarga, teladan, sumber inspirasi,dan sumber kepribadian keluarga, maka seorang ibu haruslah memiliki kecerdasan emosi terlebih dahulu agar mampu membentks keluarga yang cerdas emosi pula..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s