Posted in Parenting

Pribadi Ibu (Bag.1)

Menjadi ibu,,tentu adalah impian dari hampir seluruh wanita di dunia. Jika ada yang mengatakan bahwa gelar sebagai “ibu” adalah segalanya,bisa juga dikatakan benar,,karena menjadi ibu adalah anugerah dan suatu nikmat yang amat besar yang diberikan oleh Allah untuk seorang wanita…

Di balik pria yang agung, ada wanita agung di belakangnya. Jika ada lelaki hebat, maka lihatlah dulu siapa ibunya. Banyak sekali tokoh-tokoh luar biasa yang sesungguhnya keluarbiasaannya itu adalah berkat sang ibu–qadarullah tentunya-. Sebutlah sosok Imam Syafi’i yang begitu populer dengan kecerdasannya, yang sesungguhnya di balik itu semua ada seorang bunda yang juga cerdas dan shalilah. Atau seorang Umar bin Abdul Aziz yang dikenang sebagai pemimpin yang adil dan disebut-sebut sebagai khulafaur-rasyidin ke-5 yang juga terlahir dari silsilah keturunan yang luar biasa, di mana neneknya hanyalah seorang gadis miskin yang kemudian dinikahi oleh putra  Umar bin Khattab karena kesucian dan kemuliaan hatinya…dan masih banyak lagi..

Benarlah bahwa sesungguhnya karakter seorang ibuakan sangat mempengaruhi pembentukan watak , karakter, dan kecerdasan anak-anaknya. Ibu adalah ustadzah pertama bagi anak-anaknya, sehingga kecerdasan, perangai, dan ket’atannya pada Allah akan menjadi faktor dominan bagi masa depan sang anak.

Kecerdasan spiritual ibu

Wanita adalah tiang keluarga. Mungkin pepatah tersebut benar adanya, karena seorang ibu memegang peranan sentral dalam keluarga. Bukan sebagai pemimpin keluarga namun lebih ke peran kebribadian khususnya dalam bidang spiritual.

Kecerdasan spiritual seorang ibu yang tinggi, salah satunya terwujudkan dengan adanya sikap sabar, tawakal, serta optimisme yang dimiliki sang ibu dan kemudian menjadi teladan bagi putra-putrinya…Selain sikap-sikap tersebut, tentu kedekatan sang ibu dengan Allah lah yang akan menjadi faktor utama kecerdasan spiritual yang dimilikinya..

-to be continued-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s